Beranda » Pengumuman » Notulensi MoU dirjen Dikti-Dirjen nakkeswan

Notulensi MoU dirjen Dikti-Dirjen nakkeswan

BERIKUT INI DISAJIKAN NOTULENSI HASIL PERTEMUAN FPPTPI-DIKTI-DITJENNAK.

 

FORUM PIMPINAN PENDIDIKAN TINGGI PETERNAKAN INDONESIA

Sekretariat : Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor

Jl. Agathis, Kampus IPB Darmaga, 16680 Bogor

Telp. 0251-8622841, Fax 0251-8622842

 

NOTULEN HASIL PERTEMUAN

BEBERAPA WAKIL FORUM PIMPINAN PENDIDIKAN TINGGI PETERNAKAN INDONESIA (FPPTPI) DENGAN ASOSIASI KEDOKTERAN HEWAN DAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

Tangal 16 April 2013

DI GEDUNG D LANTAI 18 DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI – JAKARTA

 

 

 

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan PT Peternakan,

 

Pada tanggal 16 April 2013 lalu telah ditandatangani naskah kesepakatan (MOU) oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan tentang Kerjasama Pembinaan, Pendampingan, Monitoring dan Evaluasi Program Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan. MOU ini sebagai hasil kesepakatan pertemuan FPPTPI di Universitas Gajah Mada tahun tanggal 27-29 September 2012.

 

Setelah acara penandatanganan MOU tersebut diadakan pertemuan antara beberapa pimpinan PT Peternakan dan Fakultas Kedokteran Hewan dengan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Direkur PPM (Prof. Agus Subekti, Ph.D) dan Direktur Pembelajaran dan Kurikulum (Prof. Dr. Ilah sailah). Dalam pertemuan itu dikemukakan salah satu kegiatan yang dapat direalisasikan untuk tahun ini adalah KKN tematik sebagai tindak lanjut MOU. Untuk ini pimpinan Fakultas/Jurusan/Program Studi Peternakan diminta untuk mengakses pendanaan yang sudah tersedia tahun 2013 di Dikti. Direktur PPM akan mengupayakan secara khusus bagi dosen-dosen Fakultas/Jurusan/Prodi Peternakan yang mengusulkan program ini.

 

Berikut beberapa point yang perlu difollow up oleh Fakultas dan Jurusan atau Program Studi Peternakan di masing-masing PT.

 

  1. Dikti dibawah direktorat PPM dan Pembelajaran dan Kurikulum akan menfasilitasi kegiatan KKN-PPM tahun 2013 yang pengiriman proposalnya dilakukan secara online melalui Sislitabmas yang deadline nya agak mepet yaitu tanggal 27 April 2013.

 

  1. Tema KKN-PPM nasional yang dimintakan ke forum kita adalah food security (ketahanan pangan), food safety (keamanan pangan), dan one health (kesehatan semesta)
  2. Setiap fakultas mengirimkan minimal satu proposal KKN-PPM dan yang diusulkan oleh dosen ber NIDN yang dalam kegiatannya menyertakan mahasiswa,
  3. Sangat diharapkan dilakukan/dibuat join proposal antara fakultas kedokteran hewan dan fakultas peternakan pada PT yang memiliki kedua fakultas tsb
  4. Masing masing fakultas atau prodi peternakan dan kedokteran hewan menyampaikan judul, pengusul, NIDN, asal PT kepada sekjen FPPTPI untuk dirangkum dan dibuat daftar oleh sekjen dan akan diserahkan ke Dikti untuk mendapatkan perhatian khusus sebagai bagian dari MOU.

 

  1. FPPTPI diminta secara bersama-sama dengan Asosiasi FKH untuk menyusun kurikulum KKN-PPM dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan KKN-PPM tahun 2014, agar lebih terstruktur.

 

Demikian rangkuman hasil pertemuan beberapa wakil FPPTPI dan Asosiasi FKH dengan DIKTI dan DITNAKESWAN.

 

 

 

Jakarta, 17 April 2013

Sekjen,

 

 

 

Dr. Ir. Luki Abdullah

 
 

0 Komentar

.

 
 

Tinggalkan Komentar