Layanan Akademik

Mekanisme dan prosedur pengajuan rencana penelitian, seminar, dan ujian skripsi secara daring.

PERHATIAN: praproposal, proposal, makalah seminar proposal, dan makalah seminar hasil harus sesuai dengan format dan kaidah penulisan yang sesuai pedoman penulisan. Pedoman penulisan ada di web ini (http://peternakan.fp.unib.ac.id/peraturan-pedoman/) dan silakan diunduh, dipelajari, dan dipedomani. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman tidak akan diproses lebih lanjut.

  1. Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Prodi Peternakan bahwa untuk penentuan jadwal seminar proposal, seminar hasil dan ujian skripsi sekarang pihak Jurusan yang akan menentukan jadwalnya, minimal 3 hari kerja setelah melakukan pendaftaran.
  2. Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Prodi Peternakan bahwa untuk dapat melaksanakan seminar proposal dan hasil harus sudah mengikuti seminar proposal atau hasil minimal 10 kali seminar yang dibuktikan melalui Kartu Seminar.
  3. Mahasiswa diwajibkan untuk mengambil template Kartu Seminar untuk difotokopi pada kertas kertas kambing warna kuning.  template

Berikut adalah syarat untuk Ujian Skripsi : 

1. Nilai Minimal C+ Pada Mata Kuliah Universitas (MKU).

2. Nilai D maksimal 2 mata kuliah.

 3. Tidak ada Nilai E.

4. Total SKS (Termasuk Skripsi) Minimal 144 sks.

5. Untuk Nama File Makalah (PRAPROPOSAL, SEMINAR PROPOSAL, SEMINAR HASIL DAN UJIAN SKRIPSI)

6. Untuk  Seminar dan Ujian Minimal 3 Hari sebelum Jadwal Seminar Harus Mengisi Formulir Pendaftaran untuk Seminar dan Ujian.

Contoh : PRAPROPOSAL, SEMINAR PROPOSAL, SEMINAR HASIL ATAU UJIAN SKRIPSI_NAMA_NPM

Pusat layanan apabila ada kendala akademik dan non-akademik: pesan whatsapp.

 I. Pengajuan Judul (PRAPROPOSAL): TEMPLAT

  1. Mengisi formulir daring untuk pengajuan rencana penelitian, silahkan klik formulir berikut ini: Formulir Pengajuan Judul Penelitian (PRAPROPOSAL).
  2. Templat penulisan unduh di sini.
  3. Untuk Melihat Pengumuman Praproposal klik di sini.

II. Pendaftaran Seminar Proposal: TEMPLAT PROPOSAL dan TEMPLAT MAKALAH SEMINAR PROPOSAL

  1. Kesiapan Ujian Seminar Proposal Unduh di sini  contoh Pengisian formulir Unduh di sini.
  2. Sebelum mengisi formulir Seminar Proposal harap saudara konfirmasi ke admin melalui pesan whatsapp pada tautan berikut ini: pesan whatsapp.
  3. Untuk mendapatkan Penguji silahkan Mengisi formulir melalui klik formulir berikut: Formulir pendaftaran seminar proposal.
  4. Setelah  mengetahui penguji  seminar lalu mengumpulkan 4 examplar makalah seminar proposal ke Jurusan untuk mendapatkan jadwal seminar Proposal.
  5. Setelah keluar jadwal seminar harap konfirmasi ke Jurusan, 3 Hari Sebelum Seminar.
  6. Templat PROPOSAL unduh di sini.
  7. Templat MAKALAH SEMINAR PROPOSAL unduh di sini.
  8. Untuk Melihat Penguji, jadwal seminar dan Link zoom Seminar Silahkan klik disini

III. Pendaftaran Seminar Hasil Penelitian: TEMPLAT

  1. Kesiapan Ujian Seminar Hasil Unduh di sini contoh Pengisian Formulir  Unduh di sini.
  2. Sebelum mendaftar seminar hasil, Makalah akan di cek plagiarisme dan bila terdapat kesamaan (Similarity) dengan dokumen lain >25% maka makalah dan hasil cek plagiarisme dikembalikan untuk diperbaiki sesuai saran. Setelah itu didaftarkan kembali.
  3. Tautan mengirim naskah untuk cek Plagiarism Klik disini
  4. Sebelum mengisi formulir Seminar hasil harap saudara konfirmasi ke admin melalui pesan whatsapp pada tautan berikut ini pesan whatsapp.
  5. Untuk mengisi formulir silahkan klik formulir berikut: Formulir pengajuan seminar hasil.
  6. Setelah mengisi formulir pendaftaran seminar lalu mengumpulkan 4 examplar makalah seminar hasil ke Jurusan.
  7. Setelah keluar jadwal seminar harap konfirmasi ke Jurusan, 3 Hari Sebelum Seminar.
  8. Templat makalah seminar hasil unduh di sini.
  9. Untuk Link zoom dan jadwal Seminar Silahkan klik disini

IV. Pendaftaran Ujian Skripsi:

  1. Kesiapan Ujian Skripsi Unduh di sini contoh Pengisian Formulir  Unduh di sini.
  2. Draf skripsi akan di cek plagiarisme dan bila terdapat kesamaan (Similarity) dengan dokumen lain >25% maka draf skripsi dan hasil cek plagiarisme dikembalikan untuk diperbaiki sesuai saran. Setelah itu didaftarkan kembali.
  3. Tautan mengirim naskah untuk cek Plagiarism Klik disini
  4. Sebelum saudara mengisi formulir Ujian Skripsi harap saudara konfirmasi ke admin melalui pesan whatsapp pada tautan berikut ini pesan whatsapp.
  5. Untuk mengisi formulir pendaftaran Ujian Skripsi silahkan klik formulir berikut: Formulir pendaftaran ujian skripsi.
  6. Setelah mengisi formulir pendaftaran Ujian lalu mengumpulkan 4 examplar draf skripsi seminar ke Jurusan.
  7. Untuk melihat jadwal seminar klik disini

 

Mekanisme pengajuan Transkip Nilai, Keterangan Aktif Kuliah, Kerja Lapang, dan Izin Penelitian secara daring.

I. Pengajuan Surat Pengantar Transkip Nilai:

  1. Hubungi admin melalui pesan whatsapp pada tautan berikut ini: pesan whatsapp
  2. Setelah mendapat pesan whatsapp dari admin silahkan mengisi formulir berikut: Permohonan Transkip Nilai
  3. Pengisian formulir Permohonan surat pengantar transkip nilai dilayani pada jam kerja.

II. Pengajuan Surat Pengantar Keterangan Aktif Kuliah:

  1. Hubungi admin melalui pesan whatsapp pada tautan berikut ini: pesan whatsapp
  2. Setelah mendapat pesan whatsapp dari admin silahkan mengisi formulir berikut: Permohonan Surat Aktif Kuliah
  3. Pengisian formulir Permohonan surat keterangan aktif kuliah nilai dilayani pada jam kerja

III. Pengajuan Permohonan Surat Pengantar Kerja Lapang (KL):

  1. Hubungi admin melalui pesan whatsapp pada tautan berikut inipesan whatsapp
  2. Setelah mendapat pesan whatsapp dari admin silahkan mengisi formulir beriukut: Permohonan Surat Izin Kerja Lapang 
  3. Pengisian formulir Permohonan surat pengantar Kerja Lapang (KL) dilayani pada jam kerja.
  4. Balasan yang masuk ke email pengaju, di cetak lalu dikumpulkan ke jurusan per kelompok.
  5.  Form nilai Kerja Lapang Unduh disini.

IV. Pengajuan Permohonan Surat Izin Penelitian: 

  1. Hubungi admin melalui pesan whatsapp pada tautan berikut ini: pesan whatsapp
  2. Setelah mendapat pesan whatsapp dari admin silahkan mengisi formulir beriukut: Permohonan Surat Izin Penelitian
  3. Pengisian formulir Permohonan surat Izin Penelitian dilayani pada jam kerja.

 

Mekanisme pengajuan Yudisium dan Wisuda Program Studi Peternakan Jurusan Peternakan Faperta UNIB

Mahasiswa Program Studi Peternakan Jurusan Peternakan yang akan wisuda/yudisium silahkan mengisi formulir di bawah ini, sebelum mengisi formulir harap dipersiapkan dokumen berupa:

  1. Pas poto wisuda (ukuran 4×6)
  2. Transkip nilai (sudah tertera nilai skripsi) Format PDF max 300 kb
  3. PPT Ujian Skripsim max 3 MB.
  4. Poster Penelitian Format JPG max 1 MB.
  5. Artikel Penelitian Format Docx max 2 MB
  6. Naskah Skripsi (format PDF max 4 mb)
  7. Surat Keterangan  Anggota Aktif Hipromater  (format PDF 300kb)

Tautan Formulir Wisuda/yudisium Jurusan Peternakan Faperta UNIB: klik di sini. Ssetelah mengisi formulir wisuda/yudisium segera konfirmasi ke Jurusan Peternakan Faperta UNIB melalui pesan whatsapp pada tautan berikut: pesan whatsapp