Pengabdian Dosen Jurusan Peternakan “Kampanye Pentingnya Konsumsi Susu Bagi Anak Sekolah Di Kota Bengkulu Di Saat Pandemi Covid 19”

Dosen Jurusan Peternakan Universitas Bengkulu Laksanakan PPM “Kampanye Pentingnya Konsumsi Susu Bagi Anak Sekolah Di Kota Bengkulu Di Saat Pandemi Covid 19

 

Bengkulu, Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu melakasanakan kegiatan pengabdian di SDN 103 Kota Bengkulu dengan tema “Kampanye Pentingnya Konsumsi Susu Bagi Anak Sekolah Di Kota Bengkulu Di Saat Pandemi Covid 19”. Lokasi pengabdian ini berada di Perum Pinang Mas Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu Propinsi Bengkulu. Kegiatan yang dilaksanakan pada 30 September 2021 ini melibatkan dosen program studi peternakan yaitu Ir. Hidayat, M.Sc, Dr. Irma Badarina, S.Pt, M.P dan Ahmad Saleh Harahap, S.Pt, M.Si. Kemudian pihak sekolah yang ikut serta dalam pengabdian tersebut adalah Kepala Sekolah, Guru dan murid kelas IV sebagai sasaran dari pengabdian ini. Kegiatan yang masih dalam kondisi pandemik Covid-19 tetap dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Tusinah S.Pd selaku kepala sekolah SDN 103 Kota Bengkulu menyambut baik tim PPM Jurusan Peternakan Universitas Bengkulu. Sasaran yang diberikan adalah siswa kelas 4 SDN 103 Kota Bengkulu. Kegiatan pelaksanaan pengabdian ini meliputi beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi atau pemberian pengetahuan tentang susu dengan siswa dan pihak sekolah kemudian konsumsi susu dan olahannya sebagai bentuk pentingnya minum susu dalam meningkatkan imunitas tubuh khususnya pada anak-anak. Sebelum dimulai penyuluhan tentang pentingnya konsumsi susu, tim pengabdian memberikan kuisioner tentang susu dan olahannya untuk membantu atau memudahkan dalam pelaksanaan pengabdian. Informasi yang diperoleh dari siswa mengenai tentang susu memperlihatkan bahwa keseluruhan menyukai susu dan olahannya

Foto Bersama Kepala Sekolah, Guru dan Siswa SDN 103 Kota Bengkulu

 

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan melakukan penyuluhan atau pemberian materi kepada sasaran pengabdian. Materi pengabdian berupa pemberian informasi tentang susu sebagai sumber protein dari hewan. Kemudian kegiatan sosialisai yaitu memberikan informasi kandungan pada susu. Selanjutnya peserta juga diberikan pengetahuan tentang manfaat dari susu yang dibutuhkan oleh tubuh, apalagi dalam kondisi covid-19 yang menunjang dalam ketahanan tubuh. Selain itu tim pengabdian memperkenalkan beberapa olahan yang terbuat dari susu yang mudah diperoleh atau ada disekitar peserta.

Di akhir kegiatan tim pengabdian Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu mengajak seluruh komponen yang ada di sekolah dengan menyerukan “Ayo Minum Susu” sebagai langkah pentingnya mengkonsumsi susu dalam aktivitas sehari-hari, dimana mengkonsumsi susu dalam konteks pola makan sehat dan berimbang serta sesuai saran penyajian dapat membantu menjaga dan meningkatkan status kesehatan tubuh termasuk didalamnya meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan patogen dan virus. Oleh karena itu, konsumsi susu dapat membantu menjaga kondisi fisiologis tubuh dan meningkatkan imunitas untuk mencegah infeksi covid-19.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *