PENYULUHAN DOSEN PETERNAKAN UNIB DI DESA SRI KATON KECAMATAN PONDOK KELAPA

Bengkulu, Selasa 9 Maret 2021. Dosen Jurusan Peternakan UNIB melakukan Pengabdian Terpadu kepada Masyarakat di Desa Sri Katon Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kegiatan ini merupakan dharma Dosen Jurusan Peternakan untuk masyarakat, khususnya peternak. Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan dalam bentuk penyuluhan peternakan secara terpadu di Desa Sri Katon Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah pada hari Selasa tanggal 9 Maret 2021. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dalam kondisi pandemi covid 19 tetap mengikuti protokol kesehatan.

Para dosen menyampaikan materi yang terstruktur sesuai dengan bidang keahlian dan pengalamannya. Penyuluhan secara terpadu dan terstruktur ini dimaksudkan agar para peternak dapat memahami secara  komprehensif tentang peternakan yang ada di Desa Sri Katon (Ketua Jurusan Peternakan UNIB, Dr. Suharyanto, S.Pt, M.Si)

Pada kesempatan ini kepala desa Sri Katon (M. Sarjoni ) menyambut kegiatan baik kegiatan ini dan  menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Dosen Jurusan Peternakan UNIB karena bersedia berbagi ilmu.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Sri Katon dan diikuti para peternak setempat dengan antusias. Banyak peternak mengajukan pertanyaan sebagai wujud keingintahuannya atas materi yang disampaikan. Selain penyampain materi penyuluhan, Dosen Jurusan Peternakan UNIB juga menampilkan peragaan pembuatan telur asin dan dan memperkenalkan produk olahan susu kambing.

Adapun materi yang diberikan kepada peternak di Desa Sri Katon tersebut adalah (1) Peningkatan nilai gizi makanan ternak disampaikan oleh Prof. Ir. Urip Santoso, M.Sc., Ph.D. dan Prof. Dr. Ir. Yosi Fenita, MP; (2) Manajemen Kesehatan Ternak Sapi Potong oleh drh. Tatik Suteky, M.Sc. dan Ir. Dwatmadji, M.Sc., Ph.D. ; (3) Manajemen Pemasaran Ternak Sapi Potong oleh Ir. Edi Soetrisno, M.Sc., Ahmad Saleh Harahap, S.Pt., M.Si. dan Dr. Ir. Dadang Suherman, MS. ; (4) Produksi Ternak Sapi Potong dan Perah oleh Dr. Irma Badarina, S.Pt., MP. Dan Prof. Dr. Ir. Endang Sulistyowati, M.Sc. ; (5) Kesejahteraan Ternak Sapi Potong oleh Dr. Nurmeiliasari, S.Pt., M.Sc.Agr., Muhammad Dani, S.Pt., M.Sc. dan Dr. Suharyanto, S.Pt., M.Si.; (6) Pengenalan produk olahan berbahan susu sebagai peluang usaha oleh Ir. Hidayat, M.Sc. dan Ir. Tris Akbarillah, MP. ; (7) Pembuatan pupuk organik cair dari limbah ternak dan pemanfaatannya oleh Ir. Sutriyono, MS. dan Amir Husaini Karim Amrullah, S.Pt., M.Sc. ; (8) Pembuatan pupuk organik kotoran sapi melalui vermikompos oleh Dr. Ir. Bieng Brata, MP, Ir. Warnoto, MP dan Heri Dwi Putranto, S.Pt., M.Sc., Ph.D. ; (9) Pemberdayaan ekonomi rumah tangga melalui pembuatan telur asin oleh Ir. Desia Kaharuddin, MP  dan Ir. Kususiyah, MS.

Peragaan produk olahan susu

Peragaan Pembuatan Telur Asin

Penyuluhan peternakan kepada masyarakat Desa Sri Katon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *